Monday, November 21, 2016

Hubungan Kantor Pusat dan Cabang (III)


Hai guys kali ini kita akan membahas tentang Hubungan Kantor Pusat dan Cabang (III). Langsung saja kita simak penjelasannyanya guys

A. Pengertian hubungan kantor pusat            dan kantor cabang di luar negeri.
       
          Kantor pusat menandakan lokasi     fungsi terpenting dari suatu organisasi yang dipimpin. Kantor pusat perusahaan adalah entitas di atas sebuah perusahaan yang memiliki tugas penuh dalam mengelola seluruh aktivitas bisnis. Sedangkan kanto cabang Menurut pasal 1 angka 5 peraturan menteri perdangan republik indonesia no. 37/M-Dag/per/9/2007/ tentang penyelenggaraan pendaftaran perusahaan, definisi kantor cabang adalah perusahaan yang merupakan unit atau bagian dari perusahaan induknya yang dapat berkedudukan ditempat yang berlainan dan dapat bersifat berdiri sendiri atau bertugas untuk melaksanakan sebagian tugas dari perusahaan induknya. Perusahaan yang sudah majuada yang mempunyai kantor cabang di luar negeri. Dalam hal ini laporan konsilidasi harus berdasarkan mata uang negara kantor pusat berada. Jadi, laporan keuangan kantor cabang terlebih dahulu harus dijabarkan ke dalam mata uang yang di pakai kantor pusat atau dalam hal ini adalah rupiah.

B. Perusahaan yang memiliki kantor              cabang di luar negeri
      Makin meluasnya hubungan internasional, memungkinkan perusahaan untuk memperluas usahanya keluar negeri guys dengan membuka cabang-cabang di luar negeri. Tahu kah kalian guys banyak perusahaan yang berasal dari negeri kita yang telah go internasional, adapun nama perusahaannya yaitu PT.Indofood CBP, PT. Dua kelinci, J.CO guys yang sering kita tongkrongin pada saat satnight, Olympic, kebab baba rafi, es teller 77, PT. Kalbe farma tbk, dan masih banyak yang lainnya guys.

C. Alasan membuka kantor cabang di luar negeri
     Ada lima jenis pendorong, semuanya berdasarkan perubahan, yang membawa perusahaan-perusahaan internasional kepada globalisasi operasi mereka guys:
1.  Politis. Ada kecenderungan terhadap penyatuan dan sosialisasi komunitas global.
2. Teknologi. Kemajuan-kemajuan dalam teknologi komputer dan komunikasi memungkinkan aliran gagasan dan informasi semakin meningkat guys sehingga melewati batas negara.
3. Pasar. Telah jenuhnya pasar dalam negeri guys, membuat perusahaan-perusahaan mulai merambat pasar di luar negeri.
4. Biaya. Economy of scale untuk mengurangi biaya per unit selalu merupakan tujuan manajemen.
5. Persaingan. Pesaing terus meningkat secara intensif guys, baik perusahaan baru maupun yang sudah lama berdiri.
     Ada beberapa alasan guys mengapa perusahaan internasional memasuki pasar luar negeri, yang semuanya terkait dengan keinginan untuk meningkatkan laba dan penjualan atau melindunginya agar tidak terkikis oleh  para pesaing.
1. Meningkatkan laba dan penjualan
  a. Memasuki pasar-pasar baru. Para manajer senantiasa berada di bawah tekanan untuk meningkatkan penjualan dan laba perusahaan, dan ketika mereka menghadapi pasar yang dewasa dan jenuh di negaranya sendiri, maka mereka akan mulai mencari pasar-pasar yang baru di luar negeri sana guys.
  b. Penciptaan pasar baru. Suatu negara dengan GNP yang lebih rendah tetapi dengan income yang terdistribusi lebih merata, mungkin merupakan pasar yang lebih disukai dari pada GNP nya lebih tinggi.
   c. Pengaturan perdagangan internasional. Yaitu persetujuan oleh sekelompok kecil bangsa-bangsa untuk membentuk perdagangan bebas di antara mereka sendiri sementara mempertahankan restriksi perdagangan dengan semua negara lain.
   d. Pasar-pasar yang tumbuh lebih cepat. Tidak hanya pasar luar negeri yang baru sedang tumbuh dengan tingkat yang lebih cepat dari pada pasar dalam negeri.
   e. Komunikasi yang lebih baik. Kemampuan berkomunikasi secara cepat dan lebih murah dengan para pelanggan dan bawahan melalui surat elektronik atau konfrensi video, telah memberikan kepada para menejer kepercayaan akan kemampuan mengontrol operasi-operasi di luar negeri.
   f. Penerimaan yang lebih besar. Semakin banyak perusahaan yang memperoleh penerimaan yang lebih besar dengan menekankan produk-produk secara serempak di pasar-pasar luar negeri dan pasar domestik, ketika mereka bergerak menuju globalisasi operasi yang lebih besar.
   g. Biaya barang yang lebih rendah. Menuju luar negeri, baik melalui ekspor atau dengan memproduksi di luar negeri, seringkali dapat menurunkan biaya barang yang dijual.
    h. Pasar percobaan.kadang-kadang, sebuah perusahaan internasional akan melakukan pasar percobaan suatu produk di lokasi luar negeri yang kyrang penting bagi perusahaan  daripada pasar dalam negeri dan pasar-pasar luar negeri utamanya.
2. Melindungi pasar
  a. Melindungi pasar domestik
  b. Mengikuti pelanggan ke luar negeri
  c. Menyerang pasar dalam negeri                   pesaing
  d. Menggunakan produksi negeri untuk        menekan biaya
  e. Jaminan pasokan bahan mentah.
  f. Mengambil alih teknologi dan                     pengetahuan manajemen
  g. Diversifikasi geografis
  h. Memuaskan keinginan manajemen            untuk melakukan ekspansi.

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname